Hati-Hati, Tanaman Hias Ini Bisa Berbahaya untuk Kesehatan

Tanaman rumah memiliki beberapa manfaat seperti membuat rumah tampak lebih semarak hingga mampu membersihkan udara di sekitarnya. Namun, Anda juga perlu berhati-hati ketika memilih tanaman untuk diletakkan di sekitar rumah.

Beberapa tanaman tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan, baik bagi Anda maupun bagi hewan peliharaan. Berikut beberapa tanaman yang berpotensi membahayakan kesehatan, seperti dikutip dari laman Good Housekeeping, Senin (12/6/2017).

1. Kuping gajah

Siapa tak kenal tanaman daun berbentuk unik ini? Hampir setiap pekarangan rumah di Indonesia memiliki tanaman hias ini.

Namun, tanaman bernama lain dieffenbachia ini bisa berakibat fatal bila tak sengaja tertelan. Daun kuping gajah bisa menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak dan tertutup jalan udara.

Bahkan hanya menggosok daunnya saja bisa menyebabkan sensasi terbakar atau gatal.

2. Bunga lili

Bunga indah berwarna putih ini berbahaya bagi kucing, terutama genus Hemerocallis. Bila tak sengaja mengonsumsi sedikit bunga ini bisa menyebabkan gagal ginjal atau kematian.

3. Oleander

Mengonsumsi sedikit bunga-bunga kecil yang biasa tumbuh dalam warna putih, pink, atau merah ini bisa berakibat fatal. Satu daunnya saja bisa membahayakan anak kecil.

Gejala keracunan yang timbul berupa detak jantung lambat, mengantuk, dan gemetar.

4. Rhododendron dan azalea

Warnanya yang menyolok tampak indah dipandang. Namun, keseluruhan tanaman ini, baik bunga, daun, atau batangnya bisa berbahaya jika termakan.

Anda akan mengalami sakit perut, kesulitan bernapas, lumpuh, koma, hingga bahkan kematian bila tak sengaja mengonsumsinya.

5. Hydrangea

Bunga hydrangea yang didominasi warna biru keunguan dan tumbuh bergerumbul memang tampak cantik menghias halaman. Tapi bunga ini mengandung racun sianida. Bila bunga ini termakan sedikit saja oleh Anda atau hewan peliharaan, dampaknya bisa fatal.

x

Check Also

Yuk Lari ke Kantor

DKI Jakarta resmi punya pemimpin baru. Wakil Gubernur saat ini, Sandiaga Uno, pernah melontarkan ide ...